Senin, 18 Maret 2013

Profil Bank Danamon


Profil Perusahaan

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. didirikan pada 1956. Nama Bank Danamon berasal dari kata “dana moneter” dan pertama kali digunakan pada 1976, ketika perusahaan berubah nama dari Bank Kopra.
Pada 1988, Bank Indonesia meluncurkan paket reformasi perbankan yang dikenal dengan “Paket Oktober 1988” atau PAKTO 88. Tujuan utama PAKTO 88 adalah untuk membangun kompetisi dalam sektor perbankan dengan memberikan kemudahan persyaratan, termasuk liberalisasi peraturan tentang pendirian bank swasta domestik baru dan bank joint-venture. Sebagai hasil dari reformasi ini, Bank Danamon menjadi salah satu bank valuta asing pertama di Indonesia, dan menjadi perusahan publik yang tercatat di Bursa Efek Jakarta.
Saat ini, “Danamon” adalah salah satu institusi keuangan terbesar di Indonesia dari jumlah pegawai – sekitar 61,875 (termasuk karyawan anak perusahaan) pada September 2011 - yang berfokus untuk merealisasikan visinya: “Kita peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan.”
Dalam mewujudkan visi ini, Danamon telah bertekad untuk menjadi “Lembaga Keuangan Terkemuka di Indonesia” yang keberadaanya diperhitungkan. Danamon bertujuan mencapai posisi ini dengan menjadi organisasi yang berpusat pada nasabah; yang melayani semua segmen, dengan menawarkan nilai yang unik untuk masing-masing segmen; berdasarkan keunggulan penjualan dan pelayanan, dengan didukung oleh teknologi kelas dunia. Sejalan dengan upaya ini, Danamon beraspirasi menjadi perusahaan pilihan untuk berkarya dan dihormati oleh semua pihak pemangku kepentingan, sementara memegang teguh kelima nilai perusahaan yaitu: peduli, jujur, mengupayakan yang terbaik, kerjasama, dan profesionalisme yang disiplin.
Tumpuan Danamon untuk memenuhi semua kebutuhan nasabahnya tercermin dari pendekatan bisnis. Fokus perbankan yang universal, diimplementasikan pada tahun 2003 menentukan arah ekspansi bisnis Danamon ke depan. Pada akhir 2004, Danamon telah melengkapi rangkaian segmen usahanya, mulai dari mass market, perbankan komersial dan UKM, perbankan ritel, bisnis kartu kredit, perbankan syariah, perbankan korporasi, tresuri, pasar modal dan lembaga keuangan, serta Adira Finance. Pada 2004 Danamon juga membangun bisnis asuransi dan bisnis keuangan rumah tangga lewat Adira Insurance dan Adira Kredit (dulunya Adira Quantum). Pembelian bisnis kartu American Express di Indonesia pada 2006 memposisikan Danamon sebagai salah satu penerbit kartu terbesar di Indonesia.
Sebagai surviving entity dari peleburan 9 Bank Taken Over (BTO) pada masa krisis keuangan Asia di akhir 1990-an, Danamon telah bangkit menjadi salah satu bank swasta terbesar dan terkuat di Asia. Didukung oleh lebih dari 50 tahun pengalaman, Danamon terus berupaya untuk memenuhi brand promise-nya untuk menjadi bank yang “bisa mewujudkan setiap keinginan nasabah”. Saat ini Danamon adalah bank ke-enam terbesar di Indonesia berdasarkan aset, dengan jaringan cabang kedua terbesar yaitu lebih dari 2,900 kantor cabang dan point of sales, termasuk unit Danamon Simpan Pinjam (DSP) dan unit Syariah, serta kantor-kantor cabang anak perusahaannya . Danamon juga didukung oleh serangkaian fasilitas perbankan elektronik yang komprehensif. 

Tonggak Sejarah
  • 1956

    Didirikan sebagai Bank Kopra Indonesia
  • 1976

    Berubah nama menjadi PT Bank Danamon Indonesia
  • 1988

    Menjadi Bank Devisa pertama di Indonesia
  • 1989

    Menjadi perusahaan publik melalui penawaran saham di Bursa Efek Jakarta
  • 1998

    Diambil alih oleh Pemerintah akibat krisis keuangan Asia
  • 2000

    Legal merger dengan 8 bank yang diambil alih Pemerintah (Bank Taken Over)
  • 2003

    Akuisisi mayoritas saham Pemerintah oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd.
  • 2004

    Peluncuran Danamon Simpan Pinjam.
    Akuisisi Adira Finance
  • 2005

    Ekspansi jaringan cabang Danamon Simpan Pinjam
    Peluncuran Visi, Misi dan Nilai Perusahaan yang baru
  • 2006

    Akuisisi Bisnis Kartu American Express di Indonesia
    Perayaan Hari Jadi Danamon yang ke-50
  • 2007

    Peluncuran DirhamCard, Kartu Kredit Syariah pertama di Indonesia
  • 2008

    Persemian Danamon Corporate University
  • Perluasan jaringan kantor cabang
  • 2009

    Rights Issue senilai Rp4 triliun
  • Penambahan Kepemilikan Saham di Adira menjadi 95%
  • 2010

    Danamon dan Adira Finance melakukan penerbitan Obligasi dengan Bunga Tetap untuk meragamkan sumber pendanaan 
  • 2011

    Rights issue senilai Rp 5 triliun
  • Perayaan hari jadi Danamon yang ke-55

    Vision, Mission & Values

    Visi dan Misi

    Dengan visi “Kami peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan”, Danamon bertujuan menjadi lembaga keuangan Terkemuka di Indonesia yang keberadaannya diperhitungkan. Misi kami adalah menjadi organisasi yang berorientasi ke nasabah, yang melayani semua segmen, dengan menawarkan nilai yang unik untuk masing-masing segmen, berdasarkan keunggulan penjualan dan pelayanan, dengan didukung oleh teknologi kelas dunia. Aspirasi kami adalah menjadi perusahaan pilihan untuk berkarya dan yang dihormati oleh nasabah, karyawan, pemegang saham, regulator dan komunitas di mana kami berada.

    Nilai

    Keberhasilan kami sekarang dan di masa datang berlandaskan akan layanan dan produk kami yang berkualitas tinggi dan yang dapat dipercaya nasabah kami. Untuk bisa menjaga kualitas ini kami meyakini nilai-nilai “Peduli, Jujur, Mengupayakan yang terbaik, Kerjasama dan Professionalisme yang disiplin”.Nilai-nilai yang tertanam ini memungkinkan kami untuk beradaptasi dan berkreasi untuk memberi lebih banyak pada para nasabah dan untuk menghadapi kompetisi.

    Brand Personality

    • Memberdayakan – Untuk Anda, Bisa
    • Enerjik – Kerja keras dan pantang menyerah
    • Proaktif – Mengambil inisiatif serta senantiasa mengantisipasi kebutuhan dan tantangan
    • Adaptif – Mampu menyesuaikan diri di lingkungan yang berubah
    • Mampu – Terlatih dengan baik serta memiliki pengetahuan
    • Tulus – Menyatakan apa yang sebenarnya, serta melaksanakan apa yang dijanjikan.

    Fokus kami di Danamon adalah melayani nasabah. Layanan dan produk kami dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan berbagai segmen, dengan mempertimbangkan nilai yang dapat diberikan pada nasabah maupun manejemen resiko yang unik. Dengan ini kami dapat mendukung kebutuhan nasabah dengan potensi resiko yang sudah dipertimbangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar